Bangun ruang adalah salah satu materi yang dipelajari di kelas 5. Bangun ruang yang dipelajari kali ini adalah balok, kubus, dan prisma segitiga. Selain mengenal sifat-sifat dari ketiga bangun tersebut, peserta didik juga mempelajari cara menghitung volume bangun ruang, luas permukaan serta jaring-jaringnya.
Pembelajaran dimulai dengan mengenal sifat-sifat bangun ruang tersebut mulai dari jumlah dan bentuk sisi, jumlah sudut, jumlah rusuk, dan diagonal ruang. Untuk memudahkan pemahaman peserta didik, guru membawa model/benda yang bentuknya sesuai dengan bangun ruang yang akan dipelajari. Setelah peserta didik paham dan mengenal sifat-sifat bangun ruang, pertemuan selanjutnya adalah peserta didik di ajak mempelajari cara menghitung volume dan luas permukaan balok, kubus, dan prisma segitiga. Peserta didik diberi pemahaman terlebih dahulu tentang apa itu volume dan apa itu luas permukaan. Kemudian barulah dijelaskan bagaimana cara menghitung volume dan luas permukaan bangun ruang tersebut. Dibutuhkan beberapa kali pertemuan untuk mempelajarinya, agar peserta didik memahaminya dengan baik.
Setelah mempelajari sifat bangun ruang, kemudian volume dan luas permukaannya, selanjutnya peserta didik mempelajari tentang jaring-jaring bangun ruang balok, kubus, dan prisma segitiga. Dalam mempelajari jaring-jaring kubus, diawali dengan bantuan kemasan (dus) produk. Contohnya dus kemasan bekas tinta spidol yang kemudian di buka. Setelah dibuka, peserta didik diminta mengamati dan menggambarkan bentuk jaring-jaring kemasan/dus tersebut. Kemudian, peserta didik diminta mendiskusikan dengan temannya kira-kira bentuk jaring-jaring lainnya. dari hasil diskusi tersebut ternyata peserta didik mampu menggambarkan berbagai bentuk jaring-jaring kubus, balok dan juga prisma segitiga.
Nah, setelah peserta didik memahami tentang jaring-jaring kubus, mereka diberi tugas untuk membuat bangun ruang dari bahan yang telah disediakan guru. Mereka mengerjakannya secara berkelompok. Setiap kelompok diminta membuat bangun ruang balok, kubus dan prisma segitiga dengan ukuran yang telah ditentukan. Setiap kelompok mengerjakannya dengan serius. Mereka memulainya dengan membuat jaring-jaring, digambar dengan ukuran seperti yang telah ditentukan. Di sini membutuhkan ketelitian, agar nanti hasilnya baik dan rapi. Setelah jaring-jaringnya digambar, kemudian mereka menggunting, dan membentuknya. Dibutuhkan kesabaran dari peserta didik untuk menyelesaikannya. Alhamdulillah, akhirnya semua kelompok mampu menyelesaikannya dengan baik.
0 komentar: