Anak-anak kelas 6 dalam pelajaran matematika mendapat pengetahuan untuk menghitung bangun ruang pada semester ini.
Agar konsep bangun ruang bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari makan diperlukan menghitung benda riil yang bisa di buat sendiri.
Dalam soal AKM yang berbasis numerasi bangun ruang di hadir kan dalam bentuk aplikasi dalam kehidupan sehari-hari mulai dari konsep yang sederhana hingga logika berpikir menggunakan rumus.
Contohnya adalah menghitung benda di sekitar siswa yaitu kerucut dapat digambarkan oleh topi, tabung bisa digambarkan oleh tempat minum, balok dapat digambarkan oleh tempat menyimpan mainan atau kotak pensil bahkan bisa menghitung keliling bola dan volume suatu kolam renang dan masih banyak lagi.
Dengan seperti ini siswa lebih mengenali perbedaan konsep bangun datar dengan bangun ruang.
Dengan mencoba membuat sendiri dan menghitung volume benda tersebut, anak-anak lebih mudah menerapkan rumus suatu matematika karena konsepnya nyata terlihat bentuk aslinya.
Kita berharap metode seperti ini akan terus mengasah sesuatu benda abstraks yang konseptual nya tertuang kedalam bentuk nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Mudah-mudahan dengan cara seperti ini , dapat membantu anak-anak memudahkan dalam mengerjakan soal-soal numerasi.
0 komentar: