Pada hari rabu, kelas 2A melakukan pembelajaran tematik seperti biasa. Sebagian siswa belajar di sekolah kemudian siang harinya sebagian siswa belajar melalui zoom meeting. Tema yang diusung pada pembelajaran kali ini adalah tentang bangun datar. Siswa mengenal contoh bangun ruang dan menjabarkan sisi,sudut serat titik sudut yang ada pada bangun datar.
Pembelajaran ini sesuai dengan kompetensi dasar yang ada, yaitu Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang. Pada pertemuan pertama ini,siswa dikenalkan terlebih dahulu dengan berbagai contoh bangun datar yang ada di sekitar.
Pembelajaran ini menuntut untuk menggunakan media atau model yang konkrit sesuai dengan tahapperkembangan usia siswa. Maka dari itu, media yang digunakan pada pembelajaran kali ini menggunakan barang-barang yang ada di sekitar siswa. Pada pertemuan sebelumnya, siswa dimiinta menyiapkan media pembelajaran berupa layangan, topi wisuda, penggaris segitiga dan ciki piatos. Berbagai pertanyaan pun bermunculan, antara senang dan bingung akan dijadikan apa barang-barang yang dibawa tersebut.
Pertanyaan mereka terjawab saat pembelajaran dimulai. Diawali dengan penamaan bangun datar, penjelasan tentang sisi, sudut dan titik sudut. Masuklah pada kegiatan inti pembelajaran, setiap siswa diminta untuk menghitung jumlah sisi,sudut dan tittik sudut dari barang-barang yang mereka bawa. Menghitung sisi pada layangan, topi wisuda, penggaris segitiga dan ciki piatos.
Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan keseruan dan keceriaan dari siswa. “Asik, setelah ini nanti bisa main layangan ya bu?” begitulah komentar salah satu siswa di kelas 2A. Mereka antusias menentukan jumlah sisi,sudut dan titik sudut karena menggunakan media yang anti mainstream.
Di akhir pembelajaran, beberapa siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya dengan menunjukkan cara menghitungnya. Alhamdulillah keseruan terus berlangsung hingga pembelajaran usai.
0 komentar: