SD Juara Bandung melaksanakan PjBL (Project Based Learning) yang rencananya untuk pembelajaran setiap tema nya. Hal ini dalam rangka persiapan kurikulum merdeka belajar.
Dan alhamdulillah ini sudah dilakukan di awal ajaran baru untuk kelas 6.
Tema PjBL kelas 6 pada tema 6 adalah membuktikan terjadinya proses perpindahan panas. Pada project kali ini yang berhubungan antara IPA, IPS, PKN, SBDP, Matematika.
Praktek PjBL ini diawali dengan anak-anak membawa kue basah dan dikeringkan menggunakan oven. Saat praktek dari nilai PKN yang dilihat kerjasama dan kejujuran menuliskan hasil pengamatan juga berani menyampaikan hasil.
Untuk penilaian IPA nya adalah mereka melihat hasil terjadinya perpindahan panas pada bahan-bahan konduktor yang merupakan bahan pengantar panas yang baik dan bagaimana menggunakan oven dengan hati-hati tentunya memakai bahan isolator (bahan tahan panas).
Hasil dari prakteknya kue basah tersebut menjadi kering dan terlihat kuning kecoklatan, yang menandakan terjadi penguapan dan perpindahan panas disertai perubahan yang terlihat pada warna kue.
Setelah itu mereka di harapkan menghias dan menawarkan kue kering kepada guru-guru, dan yang kue nya mendapatkan rasa enak tidak gosong mereka di anggap mampu membuat produk kue kering.
Nilai IPS di sini adalah bagaimana mereka berjiwa wira usaha dengan kemampuan dan dana mereka berhasil mendapatkan penilaian yang baik dari konsumen.
Setelah menawarkan kue kering, mereka pada pembelajaran berikutnya mengisi laporan praktek dan menyampaikan hasil nya, di sini terdapat pula penilaian IPA dan PKN. Yaitu membahas proses perpindahan panas dan bahan konduktor jugaa isolator (IPA) juga kepercayaan diri menyampaikan pendapat dan kerjasama tim (PKN).
Dilanjutkan dengan SBDP, mereka membuat poster, posternya bertemakan bagaimana menjual produk kue atau makanan andaikan nanti mereka menjadi pengusaha makanan, di sini terdapat penilaian SBDP dan IPS (Pembuatan poster dan Kreativitas dalam mengembangkan jiwa wira usaha).
Dan pertemuaan berikutnya mereka mengadakan vooting penyuka kue basah, kue kering dan yang suka keduanya. Lalu setelah data di peroleh mereka membuat diagram batang nya. Di sini dipelajari sesuai pelajaran matematika nya yaitu membuat modus (yang paling banyak) suka kue basah, kue kering atau suka keduanya, dan mean (rata-rata) suka kue apa. Disini mereka belajar matematika tema modus, mean dan median sesuai dengan temuaan langsung di lapangan.
Dengan pembelajaran best projek learning perpaduaan beberapa mata pelajaran ini diharapkan semua siswa mengingat dengan baik dan membuat pembelajaran jadi menyenangkan dan muncul kreativitas dari siswa.
Disini pula materi pelajaran dapat terasa dan dirasakan langsung karena siswa menemukan sendiri pengalaman belajar. Ibarat para peneliti, mereka akan yakin dengan teori karena mereka meneliti masalah dan mencari sendiri solusi dalam masalah nya.
Semoga kedepan dengan kurikulum merdeka belajar nanti, anak-anak, guru dan orang tua lebih menggali kreatifitas, potensi anak dan lingkungannya, juga guru-guru lebih mudah dan leluasa dalam mengajarkan materi. Aamiin ya Rabb.
18:48
0 komentar: