Pelajaran berhitung atau matematika, bukanlah pelajaran kesukaan kebanyakan siswa. Entah cara pandang yang seperti bagaimana sehingga pelajaran ini jadi ditakuti bahkan dijauhi para peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan.
Maka dari itu, pada materi pecahan kali ini matematika akan dicoba dibuat berbeda dari biasanya. Guru membagikan 2 potong roti tawar kepada setiap peserta didik. Pada hari sebelumnya guru menugaskan peserta didik untuk membawa garpu pelastik atau sendok stainless sebagai alat yang akan digunakan kali ini. Setelah semua dipastikan sudah mendapatkan roti tawar, kemudian guru meminta peserta didik untuk memotong salahsatu roti nya menjadi dua bagian yang diusahakan sama besarnya. Kemudian guru mengeluarkan sebuah wadah selai dan meminta para peserta didik mengarsir roti yang sudah mereka potong menjadi ½ bagian. Diarsir menggunakan selai yang telah disediakan oleh guru. Setelah selesai mengarsir, guru kembali meminta peserta didik untuk menyiapkan roti satunya lagi untuk dipotong menjadi 4 bagian yang diusahakan sama besarnya menggunakan pisau plastic yang mereka bawa. Selesai dipotong menjadi empat bagian, kemudian guru kembali meminta peserta didik untuk mengarsir 2/4 bagian menggunakan selai yang telah disediakan.
Setelah semua mendapatkan giliran untuk mengoleskan selai pada roti masing-masing, guru bertanya apakah yang dapat peserta didik pelajari dari kegiatan hari ini. Ternyata mereka menyadari bahwa jumlah bagian yang dioles atau diarsir selai antara ½ dan 2/4 memiliki besar yang sama. Tujuan dari kegiatan hari ini adalah agar para peserta didik mengetahui tentang konsep pecahan senilai melalui roti dan selai.
Semoga pelajaran yang didapatkan oleh para peserta didik menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah untuk kehidupannya. Aamiin
0 komentar: