Kreasi Budaya Sunda kembali diadakan di sekolah SD Juara Bandung. Di Tahun 2022 ini, acara dilangsungkan kembali secara offline dengan berbagai macam kegiatan. Seperti halnya penampilan. Kelas kami menampilkan sebuah permainan jaman dahulu yang kita sebut dengan "punten mangga".
Kaulinan "Punten Mangga" yaitu merupakan sebuah permainan bernyanyi yang biasanya dimainkan oleh anak-anak di tatar Sunda. kami mengusung konsep permainan ini megikuti zamannya sekarang. Konsep yang dipakai ini menjadi acuan bahwa saat ditampilkan anak-anak akan bersenang-senang. Latihan dalam waktu yang singkat cukup melelahkan dan banyak sekali canda tawanya.
Latihan pertama kami mulai dengan mengena lirik kawih atau lagu dari permainan punten mangga, dengan kesulitan pengucapan dari "dengen sangu" menjadi "deungeun sangu", lalu kami mulai menghafalkan liriknya. Latihan kedua, kami bersama bu Dini membuat gerakan dan menempatkan posisi masing-masing, sampai ide terbaik muncul yaitu mini drama musikal. Latihan paling berat adalah Latihan ketiga, kami menggabungkan lirik, gerakan dan percobaan percakapan secara langsung dikelas, eh Mojang Jajaka kelas 2A ini adalah Rai dan Dhiya. Latihan keempat kami masuk ke h-1 Gladi kotor bersama kelas lain, membuat kami sangat terpacu untuk memberikan yang terbaik, jadi kami maksimalkan dalam latihannya. Latihan drama musikal yang kami ambil adalah anak-anak galaxy yang sedang bermain lalu didatangi para lelaki, saling bersautan dan akhirnya bersama-sama melakukan permainannya.
Tibalah di hari penampilan... dengan percaya diri dan yakin. kami melakukan brieifing latihan terlebih dahulu, dari pembukaan menuju ke penampilan kaulinan "punten mangga" bersaut, lalu menuju ke permainan semut berjalan dalam bahasa sunda hingga menari. Rai dan Dhiya sebagai Mojang Jajaka pun sukses menampilkan percakapan dengan logat orang sunda pada anak-anak. Kami sangat senang, penampilan dengan persiapan yang tidak lama ini membuat orang tua kami tersenyum.
"Punten mangga, ari ga gatot kaca" Terimakasih kelas 2A.
0 komentar: