mempraktikkan gerakan sholat dalam pembelajaran PAI |
Setelah para siswa paham akan pentingnya shalat diharapkan tumbuh kesadaran untuk melaksanakan shalat dengan penuh tanggung jawab.
Setelah tumbuh kesadaran melaksanakan shalat dengan penuh tanggung jawab maka mereka dituntut untuk mengetahui cara melaksanakan shalat dan hapal bacaan-bacaan yang di baca dalam pelaksanaan shalat sesuai dengan aturan syari’at Islam.
Untuk pembelajaran shalat di bagi dua bagian. Bagian pertama peserta didik mengetahui pengertian Shalat, dalil perintah pelaksanaan shalat dan pentingnya shalat, pelaksanaannya di dalam kelas. Setelah selesai pembelajaran mereka diberi tugas tambahan untuk menghapal bacaan shalat di rumah dan pada pertemuan berikutnya akan diujikan.
Bagian ke dua, mereka dibimbing untuk belajar mempraktikan gerakan-gerakan shalat dan membaca bacaan shalat sesuai dengan gerakan shalat yang dipraktikannya, dilakukan di dalam masjid dan dilakukan secara klasikal atau berjama’ah.
Setelah mereka mempraktikan bacaan dan gerakan shalat secara berjama’ah mereka membentuk kelompok untuk saling menyimak dan mengoreksi bacaan shalat tiap anggotanya. Setelah itu, guru memanggil setiap peserta didik sesuai dengan urutan absen untuk diberikan penilaian dan memastiakan apakah peserta didik yang dipanggil tersebut sudah hapal bacaan shalat dari mulai takbiratul iharam sampai dengan salam. Mereka yang sudah hapal di tugaskan untuk membimbing temannya yang belum hapal. Sedangkan yang belum hapal ditugaskan untuk menghapal kembali bacaan shalatnya.
Untuk memotivasi mereka yang belum hapal bacaan shalat agar segera bisa hapal bacaan shalatnya, pada pelaksanaan shalat dzuhur digabung shalatnya dengan peserta didik kelas satu di tempat yang terpisah dengan bimbingan guru piket.
Mudah-mudahan dengan cara ini anak SD Juara Bandung di kelas tiga sudah mampu melaksanakan shalat dan hapal seluruh dzikir atau bacaan yang dibaca ketika shalat dengan penuh tanggung jawab.
0 komentar: