Oleh: Eva Liutfiana Sari, M.M.Pd.
Classroom Management (CM) merupakan langkah atau prosedur, agar pembelajaran berjalan dengan efektif.
Tugas utama dari Classroom Management adalah :
- Memfasilitasi proses belajar secara efektif.
- Membangun keteraturan dalam kelas, sehingga proses belajar dapat terjadi, baik secara proaktif maupun reaktif.
Proaktif disini mencakup :
- Menciptakan suasana dan lingkungan belajar.
- Mengelola aktivitas belajar.
Sedangkan yang termasuk pada reaktif, adalah :
- Mengelola misbehavior yang umum terjadi di kelas
- Studi kasus
Dalam Classroom Management, suasana dan lingkungan belajar sangat penting. Oleh karena itu penempatan posisi papan tulis, meja guru, meja siswa, ruang gerak, letak pintu, jendela, dsb sangat perlu untuk diperhatikan.
Psikologis siswa pun, menjadi hal penting yang harus sangat diperhatikan. Untuk mengawali pembelajaran, ada baiknya peserta didik saling bersalaman, saling senyum dengan kontak mata yang baik, serta saling mengapresiasi satu sama lain, untuk meminimalisir bad mood, serta untuk mempererat ikatan batin.
Hal lain yang sangat penting dalam Classroom Management adalah peraturan dan prosedur.
Peraturan digunakan untuk mengatur perilaku. Yang perlu diperhatikan dari peraturan tersebut, adalah :
- Masuk akal dan perlu.
- Jelas dan dimengerti.
- Sesuai dengan tujuan mengajar.
- Jumlahnya tidak banyak.
- Menjelaskan perilaku yang diinginkan.
- Kalimatnya singkat dan spesifik.
- Kalimat positif.
- Gunakan gambar. (Terutama untuk level kecil).
- Libatkan peserta didik dalam membuat peraturan.
Sedangkan prosedur digunakan untuk mengatur rutinitas harian, yang bertujuan untuk mengefektifkan waktu, meminimalkan kebingungan, dan untuk meminimalkan masalah disiplin atau misbehavior.
Semoga paparan mengenai Classroom Management ini, dapat membantu menciptakan pembelajaran yang efektif di kelas kita.
Sumber : Classroom Management Workshop @SD Gagas Ceria
0 komentar: